5 Virus Paling Mematikan Selain Corona

Sumber: pexels.com


Oleh: Ardian Pratama



Virus bukanlah monster yang tampak seperti ingin menghancurkan dunia. Tapi, keberadaannya mengingatkan kita bahwa partikel terkecil sekali pun dalam tata surya dapat mengubah segala-galanya.


***


1. Ebola

Pada 1976, Republik Sudan dan Republik Demokratik Kongo dibuat panik gengs. Pasalnya, sebuah penyakit mematikan menyerang negeri-negeri tersebut. Penyakit itu disebabkan oleh sebuah virus dengan tingkat kematian hingga 70% bagi penderitanya.

Virus tersebut menyebar melalui kontak darah atau cairan tubuh lainnya. Elke Muhlberger seorang ahli virus Ebola dan profesor mikrobiologi di Universitas Boston, mengatakan ada beberapa jenis virus Ebola dengan gejala terinfeksi yang variatif. Bahkan, ada yang tidak memperlihatkan gejala apa pun pada penderitanya.


2. Rabies

Rabies sering disebut-sebut sebagai penyakit anjing gila. Gak heran sih. Karena anjing merupakan carrier dari virus tersebut. Penyakit yang ditimbulkan oleh virus ini dapat dengan mudah menyebar dan sangat mematikan lho. Jadi, kamu jangan main-main ya sama anjing gila...

Virus tersebut menyebar melalui air liur hewan-hewan (anjing, kera, musang, kucing, kelelawar dan banyak lagi) yang telah terinfeksi. Jika sudah tergigit oleh hewan penderita rabies, siap-siap guys ketemu malaikat pencabut nyawa. Soalnya, tingkat kematian dari virus ini adalah 99%.


3. HIV

Mungkin virus yang satu ini kalian sudah sering dengar. Ya, virus ini termasuk salah satu virus mematikan lho di dunia ini. HIV atau Human Immunodeficiency Virus adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Bagaimana tubuh mau kuat, pertahanannya saja dibantai sama virus ini. Hadeuhh...

Penyebaran virus ini hampir sama dengan virus Ebola gengs—melalui cairan tubuh (transfusi darah, pemberian ASI, penyaluran sperma, air liur dan cairan tubuh lainnya). Seseorang yang terpapar HIV, bisa bertahan hidup selama 9-11 tahun setelah terinfeksi. Hingga saat ini, belum ada obat yang dapat sepenuhnya menyembuhkan pasien dengan HIV. Obat yang beredar seperti antiretroviral (ARV) tidak membunuh virusnya, hanya memperlambat pertumbuhannya.


4. Dengue

Mungkin kita asing dengan nama virus satu ini. Tapi, virus Dengue adalah virus penyebab Demam Berdarah lho. Jika terinfeksi oleh virus ini, tubuh kita rasanya ditampar demam berkali-kali lipat gengs. Karena sakitnya bukan maen guys, virus ini menyerang sendi-sendi dan pembuluh darah yang ada di dalam tubuh. Makanya dijuluki Demam Berdarah, soalny ada kesan horor di sana. Ngerilah pokoknya...

Virus Dengue kebanyakan berasal dari daerah tropis gengs, dimana nyamuk menjadi pembawa virus tersebut. Gak pagi gak siang gak malam, ada saja nyamuk yang mendengang-dengung di telinga. Kabarnya, belum ada vaksin nih yang dapat mencegah seseorang terkena virus Dengue tersebut. Makanya, kalau di rumahmu banyak nyamuk berkeliaran di mana-mana, pasti lingkungannya kotor. Bersihin dong!


5. H5N1

Kalian masih ingat gak dengan fenomena Flu Burung beberapa tahun lalu? Ya, H5N1 adalah penyebabnya. H5N1 adalah salah satu jenis virus influenza. Dan Mengapa dinamakan dengan ‘Flu Burung’? Karena virus ini berasal dari hewan unggas guys, dan menyebabkan penderitanya sakit flu (pilek dan bersin), hingga yang terparah adalah Penumonia atau radang paru-paru. Kenapa virus ini cukup berbahaya? Karena virus ini berpeluang besar menjadi pandemi gengs. Bayangin aja orang-orang sekota pilek dan bersin-bersin semua. Hatchu...!!

***
Sekian gengs virus-virus yang bahayanya gak kalah sama Corona. Sebenarnya masih ada banyak lagi, tapi karena nama rubriknya ‘Lima’ yaudah dibikin 5 saja. 

5 Virus Paling Mematikan Selain Corona 5 Virus Paling Mematikan Selain Corona Reviewed by Asique on Mei 01, 2020 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.