Lagi Pandemi Gini Seru Juga Kayaknya Nonton Film Kartun, Mumpung Ada Waktu Nih!


Sumber gambar: pexels.com




Oleh: Ardian Pratama



Manusia waras mana yang tak bosan jika harus terus berdiam diri di rumah? Dan tidak bisa nongkrong ke caffe demi duduk-duduk santuy bareng sobat senja penikmat kopi. Ah, pandemi ini buat pening saja.

***


Karena gak boleh keluar kemana-mana, selama #dirumahaja aku hanya rebah-rebahan di kamar, ruang tipi dan ruang tamu. Dari pagi sampai paginya lagi gak gerak-gerak keluar rumah. Selain Mager, terus gak ada tuh sobat-sobat yang ngajak kumpul nongki-nongki. Lagian, toko-toko juga pada tutup, cuman boleh bungkus kalau mau jajan ini-itu. Belum lagi setiap gang dan jalan diportal-portal sama PS (Pemuda Setempat), malas banget ditanya-tanyain.

Akhirnya, aku cuma bisa cari penghiburan lewat Youtube dan tipi. Awalnya, nonton random aja sih apa yang muncul di Youtube ama tipi. Tapi, lama-lama bosan juga cuy. Tipi isinya entah apa-apa, Youtube juga rekomendasinya acak-acakan. Juga gak ada yang nge-chat lagi, eh kok Curhat...

Iseng-iseng aku coba buka siaran kartun di Cartoon Network di tipi. Mereka lagi puterin 'We Bare Bears', serial drama-komedi kehidupan 3 ekor beruang beda jenis itu---Panda, Ice Bear & Grizzly. Asik sih ceritanya. Kemudian, tanpa sadar film-nya habis dan berganti ke 'The Amazing World of Gumball'. Kartun yang ini gak kalah lucunya, malah absurd banget tokoh-tokoh beserta karakternya. Nonton kartun seru juga kayaknya.

Setelah itu, remot tipi dan hape kuabaikan saja. Karena siapa yang gak suka kartun selanjutnya ini, 'Oggy and The Cockroaches'. Dulu aku sering nonton serial ini, ceritanya hampir mirip 'Tom & Jerry' sih. Tapi, kalau Oggy musuhnya itu kecoak. Komedinya gak kalah kok sama si kucing Tom, penuh dengan adegan kejar-kejaran brutal. Di kartun ini malah kucingnya yang sering menang. Hehehe.

Seru sih masih menikmati kartun walau usia sudah bukan kanak-kanak lagi. Lagian gak ada yang salah kok ketika orang dewasa masih curi-curian nonton kartun. Hiburan apalagi coba yang bisa menandingi gelak tawa karena cerita-cerita kartun? Berita politik nasional? Gak bisa cuy.

Nonton kartun sebenarnya dapat mengurangi stress dan beban pikiran, kalau gak percaya dengar nih kata Dr. Laurel Steinberg, seorang Psikoterapis asal New York, saat diwawancarai Vice, (03/17).

"Kartun itu bisa mendukung pemulihan mental. Karena, di sana terkandung nilai-nilai sosial, persahabatan, kekeluargaan, hal baik selalu menang, pokoknya matahari selalu saja bisa terbit di keesokan harinya," katanya. "Jadi, kartun dapat memulihkan kepercayaan diri, juga memberi waktu untuk kita mengembalikan mood yang porak-poranda."

Benar sih, setelah seharian nonton kartun---aku lanjut nonton di Youtube karena orang rumah sudah ambil alih remot tipinya, hehe---bawaannya asik aja. Sambil nostalgia juga dengan kartun dan anime-anime lawas.

Oh ya, setelah cari-cari di gugel soal kaitan kartun dan kesehatan mental, aku nemu hal yang menarik nih dari University of Maryland Medical Center. Katanya, kartun yang membuat kita tertawa akan meningkatkan kekebalan tubuh (sistem imun) dan secara tak langsung mencegah penyakit jantung.

Makanya gak perlu malulah kalau masih nonton kartun. B aja gitu. Asal jangan ketawa-ketawak sendiri entar kalau keluar pasca pandemi ini, awas meleset. Yaudahlah ya, jaga-jaga kesehatan dan history browser kalian---ini masih Ramadan woi!

Eh...

Tapi, aku kok tiba-tiba jadi keingat skripsi ya...
T_T

Lagi Pandemi Gini Seru Juga Kayaknya Nonton Film Kartun, Mumpung Ada Waktu Nih! Lagi Pandemi Gini Seru Juga Kayaknya Nonton Film Kartun, Mumpung Ada Waktu Nih! Reviewed by Asique on Mei 09, 2020 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.