5 Tips Bagi Mahasiswa Baru Menuju Dunia Kampus



Sumber Foto: pexels.com



Oleh: Rizka Yani


Semangat mengebu-gebu dan punya ekspektasi tinggi barangkali merupakan hal yang dirasakan mahasiswa baru (maba). Tapi, Sebenarnya apa yang harus dilakukan ketika jadi maba?



***
Menjadi mahasiswa baru pastinya suatu kebanggan tersendiri bagi lulusan SMA/Sederajat, karena tidak semua orang bisa seberuntung itu. Mempertaruhkan nilai yang baik hingga pertarungan agar dapat masuk ke universitas yang diimpikan. Bagi sebagian orang yang baru menapaki dunia ‘per-kampus-an’ mungkin akan membayangkan tentang kebebasan. Tidak sedikit pula yang beranggapan kampus adalah ruang yang akan mengobrak-abrik otakmu dengan segala macam tugas berat.

Tapi tenang aja, sob. Sejatinya kampus bukanlah momok untuk menakut-nakuti maba. Untuk itu, kita punya tips yang worth it banget untuk dijadikan ‘bekal’ menemani masa perkuliahan. Jadi jangan sia-siakan masa kuliahmu. Karena, akan terlalu ‘basi’ kalau ngabisin  masa  kuliah dengan hal sia-sia. Hahaha.


***
Berikut 5 tips yang harus dilakukan saat  menjadi mahasiswa baru:

1.  Benerin Niat

Kuliah itu dasarnya tempat menuntut ilmu guys, kalian harus merenungi sebenarya kenapa sih aku ditempat ini? Apa saja yang harus aku lakukan? Kenapa orangtua keluarin uang banyak untuk kuliah?

Pertanyaan-pertanyaan seperti itu memang sebaiknya ditanyakan pada diri sendiri. Karena tak jarang mahasiswa gagal hingga berantakan kuliahnya  karena pertanyaan sepele ini. Selanjutnya, merangkai niat dari dalam hati. Semisal, “aku di sini untuk kuliah dan mencari ilmu sebanyak-banyaknya, bukan sekadar kuliah-kuliahan. Aku gak mau jadi orang yang sia-sia dan gak dapetin apa-apa selama kuliah bertahun-tahun dan ada orangtua yang akan aku banggain bukan aku kecewain terhadap semua pengorbanan buat kuliahin aku”.

Anjaaaay, panjang juga yaaa ini. Hehe.

2. Pilih Lingkungan dan Teman Baik

Hal kedua ini random banget buat semua orang apalagi mahasiswa. Karakter remaja yang hiperaktif, pengan jadi famous gak jarang membuat mereka masuk ke lingkungan yang salah. Kalau ada statement bahwa “hidup itu gak boleh pilih-pilih  temen,” sorry to say ya hidup terlalu singkat buat dihabiskan dengan berteman sama orang-orang toxic.

Di jaman sekarang, gak ada lagi cerita untuk berteman sama orang yang males-malesan dan kerjaannya ngumpul gak jelas. Ngabisin uang dengan nyicip resto/cafe terbaru, itu kan unfaedah banget. Lambat laun teman akan memengaruhi mindset dan karakter kalian. Sebisa mungkin harus hindari orang seperti itu dan cari lingkungan serta teman yang menjadikan lebih baik lagi. Contohnya teman yang berprestasi, karena kalian bakalan termotivasi dan tertular semangat positifnya, percaya deh!

3. Buat Link dengan Kakak Alumni dan Senior

Ini adalah hal yang penting juga bagi kita mahasiswa baru. Karena apa? Senior itu orang yang udah makan asam garam dunia perkuliah dan tentunya mereka banyak tau tentang apa saja yang harus dilakukan selama kuliah. Kita bisa sharing tentang dosen-dosen, tentang student exchage, dan banyak lagi.

Begitu juga dengan alumni, sebagai orang yang udah tau dunia setelah perkuliahan mereka tempat yang tepat untuk bertukar pikiran. Apa sih yang sedang dibutuhin di dunia kerja, apa saja yang perlu kita siapkan dari sekarang? dan gimana mereka bisa kerja di perusahaan A, hingga kiat untuk sukses.

4. Ikut Organisasi

Bergabung di salah satu organisasi kampus memang suatu keharusan bagi mahasiswa baru. Banyak hal yang akan didapat dari organisasi, di luar bidang akademis dalam ruang segi empat bernama ‘kelas’.

Memilih organisasi yang sesuai dengan bakat dan minat agar membantu kemampuanmu semakin berkembang. Organisasi juga bisa dijadikan wadah sebagai tempat mengukir prestasi. Seringkali dalam organisasi kamu akan dilatih dan diajarkan bagaimana menjadi pemimpin, bertanggung jawab, public speaking, dan mengasah mental keberanian.

Tapi ingat, jangan mengikuti organisasi secara berlebihan karena akan mengangu waktu belajar akademismu. Cukup pilih apa yang menjadi bakat dan minat. So.. jangan sampai nggak ikut organsasi ya, rugi lho!


5. Berlatih Secara Mandiri dan Mencari Referensi Tempat Belajar

Dunia perkuliahan sangat beda dengan dunia sekolahan. Biasanya kita akan dapat ilmu dari guru dan diajarkan hingga 70%. Namun di perkuliahan, dosen hanya akan memberi 20% dari materi yang diajarkan karena lebih menitikberatkan action dalam belajar. Dari segi waktu pembelajaran saja, lebih singkat dibandingkan sekolah yang full seharian. Sedangkan di kampus maksimal hanya 5 jam.

Jadi sebisa mungkin kamu sering berlatih secara mandiri dan mencari referensi belajar selain di perkuliahan. Misalnya, aktif bertanya dengan kakak senior jika tidak paham materi , belajar dari youtube, sharing dengan teman satu jurusan maupun dari kampus lain. Agar ilmu yang kalian dapatkan bertambah. Karena sangat di sayangkan jika mengandalkan belajar hanya dari dosen karena kamu nggak akan dapat ilmu yang lebih. So, ubah gaya belajar kalian ya guys.

Itulah 5 tips serta hal yang harus dilakukan mahasiswa baru. Semoga bermanfaat dan selamat menikmati dunia perkuliahan. Berprestasilah sebanyak-banyakya!






***

RizkaYani merupakan mahasiswi jurusan Akuntansi di Universitas Islam Riau (UIR). Berasal dari Selatpanjang.

5 Tips Bagi Mahasiswa Baru Menuju Dunia Kampus 5 Tips Bagi Mahasiswa Baru Menuju Dunia Kampus Reviewed by Asique on 10/05/2019 12:58:00 AM Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.